Halaman

Sabtu, 14 November 2020

Bagaimana rasanya balik dan tinggal di Kepulauan selama Covid

 Lagi Senang, Covid datang

Siapa yang menyangka awal tahun 2020 akan terjadi Pademi cukup besar dan mempengaruhi seluruh dunia. ya, pademi ini mempengaruhi kehidupan beberapa orang termasuk seorang perempuan yang baru saja kembali ke rumah untuk memulai rencana bekerja setelah berlibur sendiri untuk merayakan kebebasan dari dunia perkuliahan. setelah kembali dari rumah nenek tepat awal Januari 2020, saya langsung mencari dan melamar kerja.


sambil mencari kerja, saya juga bertemu teman dan masih sering datang ke kampus untuk mengurus ijazah. tentunya dengan pikiran yang masih fresh dari pulau tropis Belitung, saya punya rencana untuk mencari banyak pengalaman karena saya ingin sekali tidak selamanya terikat dengan perusahaan tertentu dan menjadi Desainer dan pekerja Seni yang bekerja secara mandiri. nah dengan kondisi yang baru lulus dan minim pengalaman saya pun ingin sepenuhnya mencari banyak pengalaman, saya pun melamar pekerjaan tidak hanya untuk pekerja tetap tetapi juga Internship. dan akhirnya tepat akhir Januari tanggal 30 saya menerima kabar untuk interview Internship di kantor Interior. setelah proses interview dan test, pertengahan Februari saya di terima untuk intern di kantor mereka. wah tentunya saya senang. mereka baik dan memberikan pengalaman untuk saya. kebetulan awal Maret kantor direnovasi dan mulai kerja dari rumah atau setiap seminggu 1-2 kali ketemu di luar. dan pertengahan Maret mulai lah puncaknya Covid 19 di Indonesia. saya tetap menjalani keseharian mengerjakan tugas yang diberikan kantor tapi mulailah ibu saya tiba tiba punya ide buat pulang ke Belitung. awalnya tentu saya nggak mau walaupun saya suka Belitung, karena saya lagi di posisi masih menikmati Intern kerja apalagi saya baru pulang dari Belitung awal tahun terus ayah saya juga sama nggak mau karena keluarga dan tempat kelahirannya di Jakarta alias Betawi asli. yah tapi Ibu ku tetaplah Ibu ku yang keras kepala sama seperti saya (mungkin haha) jadilah saya sekeluarga pulang ke Belitung. rasanya buat ngomong ke grup whatsapp ngga enak baru juga intern sebulan tapi udah izin pergi, saya pun bilang bisa mengerjakan di Belitung tapi karena belum pasti kapan balik lagi ke Jakarta, akhirnya saya keluar dari Intern. 

Folder Magang
Folder Magang πŸ˜„

Dimulainya life with nature 

ngga bisa dipungkiri karena udah di Belitung tentu dong saya merasa santai lagi hahaha. awal sampai saya sekeluarga isolasi mandiri di kontrakan jarang berpenghuni. iya kontrakannya beneran dikeliling kebon terus yg tinggal disana cuman 3 rumah dari 14 rumah. nah bayangin dah kosongnya gimana, ya tapi emang kita nyari tempat yang sepi takutnya kita sekeluarga bawa virus tanpa disadari. karena akhir Maret itu belum ada test swab atau rapid. Saat sampai di kontrakan ada pengurus kontrakan yang tinggal di sana, panggil saja dia kakek kasim, kakek Kasim ini sebenernya tinggal di Gantung dan kenal keluarga Ibu. jadi setiap akhir Jumat atau sabtu pagi kakek Kasim pulang ke Gantung dari kontrakan yang ada di Ibukotanya Belitung. bayangin pulangnya naik motor sendiri selama 1,5 - 2 jam. hebat kan kakek Kasim. nah waktu kita sampe tetep jaga jarak dan kita dikasih rumah yg cukup terawat karena kontrakan ini banyak rumah yang tidak terawat karena sebenarnya kontrakan ini terbengkalai yang sebelumnya pernah jadi cafe (dalam artian lokal bukan kayak cafe nongkrong ngopi). jadi yang punya kontrakan sepenuhnya buat uang sewa dikasih ke kakek Kasim. 

Jalan Pagi

disana ada 3 anak anjing dan 2 kucing yang bisa menemani kita selama isolasi. panggil aja 3 anak anjing ini Tommy 1 , Tommy 2 dan si Putih. kelakuan mereka lucu semua hahaha apalagi Tommy 1 sama anak kucing, si Tommy  1 ini cuman berani nyalak aja sedangkan si anak kucing dan ibunya bakal ngelawan dengan pukulan tangannya yang mantap hahaaha. setiap pagi kita bergantian untuk keluar untuk jalan kaki karena tidak mau menyia nyiakan udara dan pemandangan yang segar melimpah ruah. oh iya selama dikontrakan saya, ibu dan adik nonton drama korea Itaewon Class di laptop yang saya bawa, untung bawa laptop karena dikontrakan beneran ngga ada barang barang apapun, peralatan masak dan alas tidur dibawain om dari rumah nenek di Gantung. nggak kerasa 14 hari udah berlalu dan tibalah kita sekeluarga ke tempat tinggal untuk waktu yang lama yaitu di rumah nenek. berpisahlah kita dengan anjing dan kucing ini, kangen sama mereka jadinya. 

Rumah kakak dan adik Ibu berada di satu daerah dengan rumah nenek, jadilah kita semua berkumpul bersama, jarang banget ngumpul hampir semua di Belitung. sepupu saya yang kuliah di Bangka juga pulang semua ke Belitung kecuali abang Pandu, karena harus bekerja dan istrinya juga harus bekerja di Bangka. seperti biasa kalau pulang ke Belitung, pasti nginep di rumah sepupu satu persatu. ada sepupu saya panggil aja Anci, rumahnya enak dikeliling kebun. waktu saya pulang sendiri akhir desember 2019 saya sering menginap disana. dan sepupu saya satu lagi Aqda, rumahnya enak di belakangnya memelihara jangkrik dan teras belakangnya enak banget buat ngobrol duduk sambil ngeliat kearah kebon belakang dan tentunya rumah mereka enak semua termasuk rumah nenek dan sepupu saya di Tanjung Pandan karena apa? karena rumahnya engga dempet dempet. kalaupun dempet hanya satu sisi aja sisi sebelahnya ada jarak buat jalan jadi matahari bisa masuk kerumah dari banyak arah. selama tinggal di Belitung keseharian saya dan keluarga memancing, berkebun, muter muter naik motor ke pantai atau dari ujung daerah ini ke daerah lain terus balik lagi hahaha begitu aja terus tapi tetep seru, menghirup udara segar dan melihat pemandangan. tentunya protokol kesehatan disana tetep ketat malah lebih patuh disana. setiap ada yang terkena Covid langsung keliatan jejaknya abis dari mana aja makanya disana selain karena warganya masih sedikit juga karena juga sadar demi kesehatan. 



Tapi dengan aktivitas yang belum berhasil mencari penghasilan rasanya susah, saya dan Ibu mencoba berjualan makanan tapi kurang laku, saya pun kepikiran buat buka jasa gambar kerja, konsultasi interior atau desain grafis tapi belum punya link yang banyak disana apalagi kebanyakan sistemnya aci kenal jadi kalo kenal pasti dibeli atau berguna jasa barangnya ditambah kondisi Covid ini. kalau dibilang enak gak tinggal di daerah pulau dengan warga yang sedikit dan full of nature, buat saya tentu enak tapi buat yang lain belom tentu. karena saya juga mau akhir hidupnya menikmati tinggal di daerah yang penghijauannya masih banyak. Tapi, uang beneran penting. kalau saya sudah punya tabungan cukup tentu saya mau langsung tinggal disini, uang itu untuk apa? kan kalo menetap ya menetap aja. uang itu untuk modal untuk saya puter lagi biar keseharian saya juga bisa terisi.


Kembali ke hirukpikuk

dan agustus saya sekeluarga balik ke Jakarta. dengan traget 3-5 tahun harus terpenuhi urusan di Jakarta jadi bisa kembali ke Belitung dengan rencana yang sudah mateng karena di Jakarta pun masih banyak urusan yg belum selesai entah urusan ayah atau urusan Ibu atau urusan sekolah Ade. kalo saya urusannya masih tetep mencari pengalaman yang banyak ada hal yang ingin saya capai. tapi sampai saat ini belum ada panggilan juga, ada panggilan sekali untuk interview tapi gagal. mau menghubungi tempat intern sebelumnya takut ngga enak udah lama terus dateng dateng nanya kerja. tapi saya ngga menyerah saya tetep melamar sana sini kadang membantu keperluan ibu untuk bikin 3d stand punya temennya , Desain menu untuk usaha temen, render 3d temen dan yg lain.

Salah satu Vector saya

 jadi sekarang jalanin dulu apa yang didepan mata terus belajar yang baru sedikit sedikit kayak ilustrasi walaupun ada pastinya hari dimana sedih dan ngerasa ngga berguna dimana kpop pun ngga ngebantu buat semangat jadilah diem, mikir, bulir bulir air netes dikit abis itu tidur. besoknya ya udah semangat lagi 😁. nah kalo ada yang membutuhkan jasa konsultasi Interior saya bisa membantu atau desain grafis bisa cek portfolio saya disini https://www.instagram.com/salsartdesign/?hl=id 
Terima kasih sudah membaca dan tetap semangat menjalani hidup, inget masih ada hal yang indah didunia ini seperti makan cilor semangkok sayur, sambil nonton Stray kids nyanyi Back Door. 

Stray Kids lagu Back Door enak😁 Sumber: Pinterest



Tidak ada komentar:

Posting Komentar